Renungan : Kasih Tanpa Syarat

Renungan : Kasih Tanpa Syarat

 

Bacaan Alkitab Setahun : Amsal 24-26

ren-130720-Renungan-Kasih-Tanpa-SyaratBagaimana kamu mengenal kasih Tuhan tidak bersyarat?” bahkan istilah ‘Kasih tak bersyarat’ tidak ada dalam Alkitab!! Sebuah pertanyaan yang sangat wajar, yang menusuk langsung ke jantung dari pesan kasih karunia!  Kasih Karunia mengatakan bahwa Allah mengasihi kita tanpa syarat… Tetapi dengan melihat sekilas dari beberapa isi Alkitab, maka kita menemukan bahwa kadang-kadang ada “hal-hal” yang merancukan pemahaman ‘kasih tak bersyarat’ ini. Dalam satu bagian, Tuhan menunjukkan diriNya sebagai Allah yang cemburu, yang mengasihi mereka yang mengasihi Dia, tetapi menghukum mereka yang tidak mengasihi (coba baca Kel 20:5-6 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku, tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku. ).

Namun meskipun ada beberapa ayat ini yang mengatakan sebaliknya, 100% yakin bahwa Allah mengasihi kita tanpa syarat.

Cinta, menurut definisinya sendiri, memang berarti =  tanpa syarat

“Allah adalah kasih (agape).” (1 Yoh 4:16 Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.)

Saudara mungkin tahu beberapa kata yang berbeda untuk “kasih” dalam bahasa Yunani. Saudara bahkan mungkin tahu bahwa cinta agape mengacu pada makna “tanpa syarat, mengorbankan diri, dan aktif“. Tapi apakah saudara tahu bahwa kasih agape bersifat unik dalam konteks Allah? Ini bukan sebuah bentuk cinta yang manusia miliki. Jika pengalaman cinta Saudara terbatas pada apa yang Saudara terima dari orang, kemungkinan Saudara menemukan cinta rapuh yang kadang-kadang datang dengan harapan dan penundaan. Tapi kasih Tuhan tidak seperti ini. Sebagaimana akan kita lihat, kasih-Nya tidak seperti kasih yang kita jumpai di dunia ini.

Apapun keadaan saudara, Tuhan Yesus mengasihi saudara tanpa syarat apa-apa, bahkan tanpasa syarat pengakuan saudara. Karena Yesus mengasihi kita, maka kita mengakui-Nya..

Sudahkah saudara percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat pribadi yang mengampuni dosa-dosa saudara?

new creation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s