Coaching : Unleasing the Power of Your Genius – Bring Out the Best in People

What is COACHING?

 

What is COACHING?

Rasanya kata ini selalu berdengung di telingaku walau pernah kujelaskan berkali-kali. Entah memang karena banyak yang bertanya di sekitarku, ada yang masih belum mengerti, atau memang karena saya sendiri yang belum merasa puas untuk menjelaskannya. Hehe .. kadang saya sendiri mempertanyakan hal itu pada saya sendiri. What is coaching, specificly? Biar saya selalu ingat akan rambu2 proses coaching yang perlu saya ikuti, biar saya semakin berdansa dalam ranah pengembangan seseorang.

Coaching is facilitation ..
Ya, coaching adalah proses memfasilitasi seseorang untuk mencapai tujuannya. Tujuan hidup, tujuan bisnis, tujuan kerja, target suatu proyek .. pokoknya segala sesuatu yang menjadi tujuan atau target, dalam hal arti yang positif tentunya. Pada kenyataannya, banyak yang mengira bahwa Coach adalah untuk membantu cari solusi, atau malah memberikan solusi alias jawabannya langsung. Instan, cepat, selesai. Hal ini tentu saja berlaku bila hal yang di-coach adalah bersifat teknis, inipun kita sebut sebagai performance coach.

Seorang sales yang belum tahu seluk beluk tentang produk yang dijual (product knowledge), serta merta perlu langsung diajari, atau diikutkan ke training tentang product knowledge. Itu disebut sebagai coach oleh sebagian besar orang. Diajari karena dia belum tahu jawabannya, jawabannya bersifat absolut dan berlaku umum. Namun ketika sales tersebut sudah tahu poduct knowledge dan merasa kurang percaya diri atau takut ditolak, nah mari kita coach secara inside out. Ketika ingin menjadi lebih percaya diri dan persisten terhadap penolakan, tidak ada jawaban yang absolute bagi setiap orang. Tidak bisa diajari. Mau sampai mulut berbusa-busa memberitahu agar percaya diri, menemani dan support berulang-ulang agar persisten, tetap saja jawaban yang terbaik adalah dari dirinya sendiri. Sales ini butuh transformational coach, yang siap memahami perasaannya, siap mendampingi kegelisahannya, dan bersama-sama menemukan solusi agar bisa mencapai apa yang diinginkan. Meta Coach adalah transformational coach. Kami men-coach seseorang mulai dari internal dirinya sendiri. Kalau mau mengajari atau mengatur cara kerjanya, silakan jadi pimpinan sales tersebut😀
Sering juga seseorang datang mencari bantuan pada coach karena punya masalah. Well .. tidak salah sih. Tapi sebagai Meta Coach, kami perlu mengajak klien untuk berpikir apa yang diinginkan dengan tidak adanya masalah tersebut. Alias, apa yang diinginkan sebenarnya dengan menyelesaikan masalah tersebut.

Coaching is conversation ..
Setuju. Sebagai Meta Coach, kami melakukan coaching dengan cara berbicara layaknya pembicaraan biasa saja. Saya pernah bicara santai dengan seorang teman selama hampir 1 jam sambil ngopi, dan pada akhir pembicaraan dia menemukan solusi atas apa yang sedang dihadapinya saat itu. Dia teman ex SMP saya puluhan tahun lalu, dan tidak tahu menahu sama sekali mengenai profesi saya sebagai seorang Meta Coach. Asyik saja berbicara ngalor ngidul .. padahal saya sedang coach dia saat itu. Yang sering terjadi adalah ketika seorang klien mengetahui bahwa dia sedang di-coach, dan coach yang bersangkutan tidak mampu membangun rapport dengan mulus. Alhasil coaching menjadi sangat `teratur’ dan sadar penuh kesadaran.

Sadar penuh kesadaran?
Yup!! Dan ini bukan berarti klien-nya dibuat tidak sadar atau terhipnotis saat proses coaching terjadi. Pada saat coaching, kami mengajak klien untuk menyadari secara sadar atas hal-hal yang selama ini tidak disadari, baik itu yang mendukung pencapaian tujuan maupun yang menghambat keberhasilan. Ketika seseorang di-coach dengan sadar penuh kesadaran, maka yang terjadi adalah berusaha melogikakan jawaban, berpikir atas pemikiran yang sudah biasa dilakukan sehari-hari, berpikir dalam kotak pikirannya sendiri, mengutak-ngatik persepsi, mempertahankan `ketakutan’ untuk melihat dari sudut pandang berbeda, yang jelas sudah dilakukan berkali-kali tapi belum membuahkan hasil yang optimal.

Dalam bukunya `The Inner Game of Tennis’ Tim Gallwey mengatakan proses coaching adalah “Overcome all habits of mind which inhibit excellence in performance”. Menangani semua habit yang menghambat keberhasilan. Banyak yang tidak menyadari atas adanya habit2 yang menghambat ini. Dan bahkan bila tahu atas adanya habit inipun, belum tentu seseorang mampu menangani langsung sumber penyebabnya. Di sinilah seorang Meta Coach bekerja. Membantu melihat sisi yang tidak terlihat oleh klien, membantu menemukan sumber penyebab habit tersebut. Bila dianalogikan dengan seseorang yang sedang mencari jalan ringkas mencapai tujuan atau sedang kehilangan arah, seorang Meta Coach akan mendampingi klien untuk berani masuk ke lokasi dengan aman dan tenang, mengajak klien untuk mengenali situasi lingkungan dan menemukan pintunya, membantu klien menemukan kuncinya. Lalu, klien akan segera membuka kunci tersebut dengan penuh percaya diri dan bahagia ..

Coaching is a dance ..
Dansa yang elegan, dengan langkah2 yang berstruktur, mengijinkan seluruh pikiran dan perasaan untuk bebas bergerak ke segala arah mengikuti alunan nada dan kata2 yang bermakna ..

Coaching is adventure ..
Dansa tanpa batas dengan aneka irama yang tidak kita ketahui sebelumnya, mengijinkan diri untuk tidak tahu dan bebas bertanya dengan penasaran ..

Coaching is a journey of relationship ..
Mendampingi klien, bersama-sama dalam suka dan duka untuk menemukan sesuatu yang berharga. Memperkuat kala dia lemah, mengajak serius kala dia bermain, mengajak bercanda kala terlalu serius. Juga, menantang dia untuk terus melangkah walau kaki semakin goyah …

Dan, yang lebih asyik lagi adalah ketika melakukan semua itu dengan pola yang sudah ada dalam konsep di kepala. Berbagai models dan konsep telah kita kenal via NS-NLP. Mempraktekkan pola dan konsep demi konsep tersebut menimbulkan kejenakaan tersendiri .. menari sambil berpetualang dalam obrolan, menemani pencaharian sambil melacak keberadaan … dan terutama, ketika klien kita menemukan pula kejenakaan dalam hidupnya, ketika menemukan titik balik (turning point) untuk keberhasilannya, ketika menemukan ungkit (leverage) untuk mencapai puncak dengan permanen …

So, what is COACHING?
Selamat menemukan jawabannya…

Salam Coaching,
Mariani

 

Kami akan memberikan kesan yang mendalam dan tak terlupakan bagi anda yang telah mengikuti Training
Untuk mendapatkan Proposal, Presentasi dan Konsultasi, Kami Persilahkan untuk menghubungi :
Maxy@KlikManagement.com
Telp / SMS : 081356998898 / 0878 4636 1667 ( Maxy)
———–
MATERI POPULER YANG DAPAT DI SAJIKAN
1. Sales Coach For Manager : Dengan modul ini, diharapkan seorang manager dapat memberikan coaching kepada team salesnya dan diharapkan seorang sales dapat meningkatkan kinerja penjualan mereka secara permanen dan menghasilkan hasil yang baik. Karena Kadang seorang sales tidak tahu jalan hidupnya sendiri. Oleh sebab itu, seorang atasan harus mampu memberikan coaching kepada tim sales nya untuk mencapai tujuan, dengan bantuan alat-alat yang diberikan. Semua ini dilakukan untuk mencapai tujuan dan sukses bersama. Seorang leader yang baik harus mempunyai kemampuan ini dan dibekali dengan teknik-teknik yang dapat dipelajari dalam 2 hari.• Definisi Coaching & Counseling• Ketrampilan seorang Coach & Counselor• Listening• Questioning

• Building Rapport

• Supporting

• Intuition

• Inducing state

• Giving Feedback

• Receiving Feedback

• Teknik Coaching – GROW System

• Teknik Counselor – Garis atas dan bawah dan EgoState – Empty chair

• Teknik melepaskan mental block, natural cycle of change pattern serta beberapa tools lainnya

2. Counseling For Human Resources : People Merupakan counseling teknik yang digunakan oleh para Human Resource division untuk membantu memberikan konseling para karyawan yang bermasalah. Sehingga perusahaan mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya dan prestasi karyawan dapat meningkat yang pada akhirnya meningkatkan kinerja perusahaan juga.

Teknik yang digunakan adalah Ego State therapy. Teknik ini sangat terkenal di dunia para psikolog barat. Dalam waktu 12 jam para peserta dapat melakukan konseling dan dapat memberikan intervensi terapetik kepada karyawan dengan baik. Semua kasus yang berkaitan dengan pikiran manusia dapat diselesaikan dengan baik oleh Ego state therapy.

3. The Secret Of Wealthy Mindset :

Merupakan suatu workshop therapy yang membantu para peserta untuk terlahir kembali menjadi seseorang yang luar biasa. Workshop ini diadakan untuk membantu peserta menjadi seseorang yang baru, dengan menghancurkan “tembok” penghalang yang kami sebut sebagai MENTAL BLOCK yang ada dalam diri setiap pribadi, yang menghambat seseorang untuk bekerja dengan maksimal. Selain membantu dalam mengatasi mental block, workshop ini juga membantu dalam memaafkan orang lain dan diri sendiri serta mempunyai pandangan berbeda mengenai MOTIVASI sehingga karyawan menjadi lebih bersemangat dalam bekerja agar perusahaan dapat melihat kinerja karyawan yang semakin meningkat. SECRET OF WEALTHY MIND SET diadakan selama 1 (satu) hari.

4. Hypnotic Persuasion Skills :

Banyak yang mengatakan customer tertentu hanya cocok dengan sales tertentu, dengan menggunakan metode Hypnotic persuasion Selling maka dengan mudah bisa memahami dan mendorong customer untuk bisa melakukan pembelian. Teknik yang dipakai adalah Hipnosis dan NLP. Dan training ini bukanlah training Hipnoselling karena hipnoselling hanya training mengenai motivasi ke penjual. Sedangkan ini adalah cara untuk mempersuasi dengan mudah.

• Definisi Hypnotic Persuasion selling

• Win Win Win Filosofi

• Bilding Rapport

• Listening skill

• Law of Persuasion

• Power of Word

• Hypnotic Language Pattern

• Non Verbal Communication

• Handling Objection

• Close the Sells

 

5. Negotiation Skills : Merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari agar kita dapat bertahan dalam segala bidang kehidupan, baik yang bersifat formal maupun informal.

Pengembangan ketrampilan dan percaya diri sangat dibutuhkan dalam melaksanakan negosiasi. Inti dari negosiasi adalah mencapai kesepakatan dengan pihak lain, sehingga kita dapat mencapai tujuan.

Faktor yang menentukan keberhasilan negosiasi antara lain adalah:1. Waktu persiapan yang memadai2. Sasaran yang jelas.3. Informasi yang jelas mengenai lawan negosiasi yang terlibat.

4. Strategi atau rencana negosiasi yang jelas.

5. Penggunaan taktik, penentuan waktu yang tepat untuk bernegosiasi.

6. Kesediaan semua pihak yang terlibat,untuk bersifat terbuka.

7. Kemauan untuk kompromi dari kedua belah pihak.

8. Tercapainya kesepakatan kedua belah pihak, dengan hasil yang jelas disertai pencatatan.

9. Kesepakatan benar-benar dilaksanakan.

Proses Negosiasi : Negosiasi merupakan suatu proses dengan struktur yang jelas dan dengan tahapan-tahapan yang sudah direncanakan sebelumnya. Struktur tersebut bisa diterapkan baik untuk negosiasi formal maupun informal

6. Selling Approach With NLP :

Penjualan adalah sebuah teknik simpel dan sederhana. Hanya banyak orang yang tidak mempunyai keyakinan diri bahwa mereka bisa menjadi seorang sales. Bahkan mungkin menganggap dirinya tidak pantas menjadi seorang sales. Dengan ilmu dari Neuro linguistic programming yang dikenal sebagai user manual for brain, diajarkan bagaimana menjadi seorang sales yang luar biasa.

Materi yang diajarkan meliputi:

• Setting Goal

• Releasing mental block

• Identity as Salesman

• Presuposisi NLP for Selling

• Human Communication Preference

• Building rapport

• Communication skills

• Knowing your customer profile

• Sleight of Mouth for handling objection

• Closing sells.

7. Hospitality Service Excellence – LEADERSHIP SKILL – TRAIN THE TRAINERS

Hospitality Service Excellence:

  • To set a comprehensive service standard provided to guests in hospitality industry.
  • Understanding the basic roles of guest contact staffs
  • Understanding the customer’s point of view about the meaning of Excellent Service.
  • Understanding 5 MUST in service
  • Understanding 7 secrets of hospitality

Hospitality LEADERSHIP SKILL :

  • Mastering the values of leadership.
  • Passing the message that everyone CAN be a LEADER.
  • Knowing self leadership style, and how to use it effectively.
  • Understanding 5 leader’s roles.
  • Leader’s paradigms
  • Learning the concept of LEADING by EXAMPLES.
  • Know how to build Charisma
  • Know how to motivate team members
  • Upgrading level of confidence.

TRAIN THE TRAINERS : This is a COMPACT Train The Trainer package, specially designed for strengthening your supervising and managing team to become strong and effective leaders with strong training capabilities. :

  • To create effective supervisors, managers and assistant managers with training knowledge and knowhow.
  • Participants will know how to create an interesting training module
  • Participants will be able to find training needs within their respective department
  • Participants will be able to improve quality of their team knowledge and knowhow through enhancing quality of training
  • Participants will be equipped with advance training methods; analogy, story-telling, non verbal movement
  • Participants will be able to LEAD a training or presentation session with interesting and influencing techniques.

8. Special Customized Training :

Kami menyediakan program training yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi secara professional. Kami sangat rekomedasikan point ini sebelum memutuskan jenis training yang akan diambil, sebaiknya melakukan konsultasi dengan team kami untuk menggali kebutuhan yang benar-benar penting untuk perusahaan atau organisasi. Kami akan sepenuh hati untuk menjadi fasilitatornya.

Adapun informasi yang lebih benyak tentang PT. KLIK MANAGEMENT dapat dipelajari di halaman website resmi kami, yaitu: www.KlikManagment.com

Untuk lebih mengenal Team Trainer kami, saat ini kami memiliki event Public Seminar untuk bisa diikuti.

Detailnya terdapat pada halaman Facebook : https://www.facebook.com/KlikManagement/events

Di Luar Materi Yang Sudah Kami Sajikan Di Atas Bisa Di Rubah Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Bagi ANDA yang tertarik untuk bekerja sama, dengan senang hati kami menerima telepon atau kunjungan anda.

Salam SUKSES Luar Biasa,…!!!
MAXIANIS L. LOSOH
Business Manager
Phones/SMS : 0813 5699 8898 – 0878 4636 1667
www.KlikManagement.com

PT. Klik Management
The Height Pondok Labu Residence. Jl. Kramat No.34 Kav.B12, Pangkalan Jati, Pondok Labu, Jakarta Selatan
www.Mind-Reprogramming.comwww.AntoniusArif.com
–>> Training | Business Coach | Counseling | Consultant <<–

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s