Aku Ingin Berserah, Bukan Menyerah

Kawan, pagi ini tiba-tiba kebangun dengan hasil pemikiran (tidur sambil mikir) yang mungkin sudah pernah di dengar. Berserah dan Menyerah. Apa bedanya??? Berdasarkan kamus besar hidup saya, saya menjelaskan keduanya sebagai berikut :

Berserah adalah sikap untuk berjuang dengan usaha sangat optimal (berjuang sampai titik darah terakhir) untuk mencapai suatu tujuan. Pada akhirnya hasil usaha tersebut diserahkan seluruhnya kepada Tuhan sebagai Sang Pencipta.
Usaha Optimal + Doa = Hasil Optimal

sedangkan satu kata lagi yaitu menyerah, saya definisikan sebagai

Menyerah adalah sikap untuk melakukan usaha secara apa adanya atau berhenti melakukan usaha sebelum mencapai tujuan, dan mengandalkan kemampuan “manusia” untuk berjuang.
Usaha apa adanya + Mau ada apanya = Hasil

Sepertinya kawan-kawan cukup cerdas untuk membedakan kedua pengertian tersebut. Secara singkat, berserah itu usaha maksimal positif yang mengandalkan Tuhan sebagai pemberi berkat, sedangkan menyerah itu  berhenti berusaha karena merasa letih (akibat menggunakan kekuatan manusia sendiri).

Ada satu kutipan yang sangat saya senangi dan saya rasa ini adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap manusia.

“Sebab jika aku lemah maka aku kuat (diberi kekuatan oleh Tuhan”

dalam bahasa latin “cum enim infirmor, tunc potens sum”

 

my weakness is my strength


Kutipan tersebut mengajarkan kepada kita untuk Usaha Optimal yang dilanjutkan dengan Merendahkan Diri di hadapan Tuhan dan Berserah pada kekuatan Tuhan, maka kita akan dikuatkan. Saya rasa itu adalah satu langkah untuk menuju keajaibanmu sendiriBe a miracle!

Tinggalkan Balasan

