Tujuh Cara Sederhana Membuat Hari Anda Indah

Tujuh Cara Sederhana Membuat Hari Anda Indah

Yahoo She


1. Bangun lebih awal

Anda sudah hafal skenarionya. Anda bangun dengan panik ketika alarm berbunyi karena Anda harus berangkat kerja. Anda buru-buru bersiap sebelum berangkat, dan tidak tahu kenapa sereal yang Anda makan untuk sarapan lebih banyak menempel di baju kerja daripada di mulut Anda.

Anda menaruh botol susu di tempat cuci piring bukan di kulkas. Lalu bergegas keluar dan ternyata lengan baju Anda tersangkut di daun pintu, yang membuat Anda harus mundur lagi — padahal sedang buru-buru.

Kesimpulan ilustrasi di atas, terburu-buru dapat menaikan tingkat stres dan Anda jadi berpikir “seharusnya aku mengatur alarmnya lebih awal”. Jadikan pagi Anda lebih santai dengan mengatur alarm paling tidak 15 menit sebelum jam Anda harus bangun. Dengan begitu Anda akan punya lebih banyak waktu untuk memberikan tubuh dan pikiran Anda kesiapan untuk menempuh aktivitas tanpa stres.

2. Buat daftar hal yang membahagiakan

Terkadang kita selalu fokus terhadap hal-hal yang membuat sedih daripada yang membahagiakan. Perlu sedikit melatih otak untuk mengubah proses berpikir dari negatif ke positif. Salah satu cara yang bagus adalah dengan membuat daftar hal-hal yang bisa membuat Anda bahagia dan selalu melihatnya ketika Anda sedang sedih.

Apakah Anda ingin menulis kutipan favorit Anda dari sebuah film, tanggal liburan yang Anda nantikan, atau tempel foto diri Anda pada waktu yang paling membahagiakan dalam hidup Anda, itu akan membuat Anda lebih bersemangat ketika Anda merasa jengah. Konyol sih, tapi pasti membantu.

3. Menghirup lemon

Ya Anda benar membacanya. Untuk membuat hari Anda lebih indah, cobalah menghirup aroma lemon. Peneliti di Tel Aviv University mengatakan bahwa bebauan buah citrus — khususnya lemon — dapat mengurangi depresi dan meningkatkan mood kita.

Memang, bau lemon meningkatkan hormon serotonin (hormon bahagia) dan menurunkan norepinephrine (hormon stres), jadi indahkan hari Anda dengan menyalakan lilin aroma lemon atau mengenakan parfum beraroma lemon, atau Anda bisa langsung membelah buah lemon dan menciumnya.

4. Peluk seseorang

Sebuah pelukan hangat dapat meningkatkan hormon bahagia di tubuh, mengurangi stres, dan menciptakan perasaan saling percaya. Tetapi jangan sembarangan, memang berpelukan itu sangat meningkatkan mood kita, tetapi kami menyarankan Anda memilih-milih siapa yang akan dipeluk.

Bos Anda atau tukang pembersih jendela mungkin tidak akan menghargai pelukan dari Anda seperti pasangan atau peliharaan Anda. Jika Anda ingin sesuatu yang tidak terlalu intim, tidak ada salahnya memeluk sesama pria, atau sesama wanita, bahkan melakukan tos dapat memicu pengeluaran hormon bahagia.

5. Berkeringat

Tingkatkan hormon bahagia di tubuh Anda untuk meningkatkan mood Anda dengan berkeringat. Ajak peliharaan jalan-jalan, berlari, atau berjoget di ruang tengah selama setengah jam, pokoknya apapun yang membuat Anda berkeringat.

Endorfin yang dilepaskan saat berolahraga terbukti secara ilmiah bisa memperbaiki mood Anda, jadi dengan bergerak aktif Anda akan memperindah hari Anda.

6. Mandi

Ketimbang mandi sekejap di pancuran, cobalah sekali-kali berendam di bathtub dan memerhatikan kebersihan tubuh dan penampilan Anda. Hari yang kita jalani akan tampak lebih cerah jika kita merasa keluar dengan penampilan yang terbaik, jadi para pria, bercukurlah dan gunakan gel pelembap.

Para wanita, gunakan masker wajah dan cat kuku Anda ketika berendam. Cukup mengejutkan bagaimana sedikit waktu pemanjaan diri bisa memperindah hari Anda.

7. Memprioritaskan tugas

Alasan umum mengalami hari yang buruk adalah karena stres. Memiliki daftar pekerjaan yang panjang bisa sangat memberatkan, jadi jangan ditunda-tunda dan selesaikan tugas Anda secepatnya. Menyelesaikan masalah di pagi hari dapat menghilangkan perasaan khawatir sepanjang hari Anda.

Cara yang baik untuk mengatur prioritas tugas Anda adalah dengan mencatatnya lalu memberikan nomor dari 1 sampai 10, mulai dari yang penting sampai yang kurang penting. Kerjakan dari yang paling penting terlebih dahulu, dan kerjakan berurutan. Anda akan merasakan sebuah pencapaian setiap Anda menyelesaikan sebuah tugas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s