Sukseskan Pekan Informasi Nasional (PIN) 2012 di Kota Manado, 23 – 27 Mei 2012 : “Torang Samua Basudara”

Sejak era reformasi dan pelaksanaan otonomi daerah telah terjadi perubahan paradigma dibidang informasi yang mana Pemerintah lebih banyak menyerahkan pengelolaan informasi kepada masyarakat apalagi dengan adanya Undang Undang No 28 Tahun 2010 tentang Keterbukaan Informasi Publik masyarakat akan lebih mudah untuk mengakses berbagai informasi dari Badan publik yang ada.

Sehubungan dengan hal tersebut Manado sebagai salah satu daerah di Indonesia telah ditetapkan menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan Pekan Informasi Nasional ( PIN ) 2012 sebagai agenda rutin tahunan dalam rangka menanamkan penghayatan dan pemahaman jiwa kepatriotan pada momentum Hari Kebangkitan Nasional ke 104 Tahun 2012.

Dalam rangka transformasi menuju era masyarakat informasi dan teknologi, maka dalam pelaksanaan PIN 2012 akan dilaksanakan Lomba Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 2012 untuk kalangan umum dan para siswa se Sulawesi Utara.

Tema : Dengan Semangat Kebangkitan Nasional Kita Tingkatkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Menuju Masyarakat Sejahtera

Tagline : “Torang samua basudara

Source: http://pin2012.manadokota.go.id/home

 

Pembukaan Pekan Informasi Nasional,

PEMKOT Launching area Free WIFI

Janji penyediaan akses internet di kawasan perkantoran Balaikota dan kawasan jalan Piere Tendean Boulevard oleh Pemerintah Kota Manado bakal direalisasikan.

“Menunjang pencapaian visi kota Manado sebagai kota model ekowisata, dengan mengadaptasi tren cloud-computing dalam layanan publik, serta memenuhi harapan publik tentang penyediaan fasilitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) oleh pemerintah daerah, Walikota dan Wakil Walikota Manado, G.S.Vicky Lumentut dan Harley A.B. Mangindaan merealisasikan janjinya untuk penyediaan akses internet di kawasan perkantoran Balaikota dan Jalan Piere Tendean Boulevard,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado, Ferry Petrus Soetanto, S.Sos, M.M. didampingi Kepala Bidang Pengembangan Sarana Komunikasi, Moody Monareh, S.Sos, dan Kepala Bidang Pengembangan Sistem Informasi, Heintje Lombone, S.Kom.

Menurut Soetanto, pihaknya bekerja sama dengan pihak penyedia jasa yaitu PT Telkom sejak pekan lalu sudah merampungkan kegiatan free wifi di Balaikota. ‘Tim teknis kami di Diskominfo, bekerja sama dengan pihak penyedia jasa dalam hal ini PT TELKOM, sejak pekan lalu, tepatnya 16/04 sudah merampungkan kegiatan Balaikota Manado free wifi. Jadi jika ada warga kota Manado yang berkunjung ke Balaikota, sudah dapat menikmati layanan internet gratis. Bahkan hari ini tim teknis kami sudah merampungkan survey tentang penempatan peralatan penunjang Boulevard free wifi,” ujarnya.

Hasilnya sudah dilaporkan kepada kami dan jaringan sementara dipersiapkan. Yang paling mencolok dari survey dan analisis tim teknis adalah pilihan spot area yang memungkinkan untuk difasilitasi, dan jumlahnya ada di delapan titik. Meskipun target waktu agak molor dari perkiraan sebelumnya akibat restrukturisasi di tubuh PT TELKOM, publik sudah bisa menikmati layanan interneg gratis di kawasan Boulevard setelah peresmian uji coba pada Apel Kerja Perdana Pemkot Manado 8 Mei 2012,’ tambahnya lagi.

Lebih lanjut, mantan Camat Tikala itu mengemukakan bahwa setelah disurvey dan dilakukan analisa jaringan, pilihan di delapan spot ini didasarkan pada akses publik yang memungkinkan penggunaan internet secara aman, sehat, dan tidak membahayakan pengguna jalan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Pengembangan Sarana Komunikasi, Moody Monareh, S.Sos, mengemukakan ‘Untuk menyediakan full access internet di jalan Piere Tendean, kami masih harus melakukan penyesuaian dan menunggu Rencana Induk Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RIP-TIK) yang baru akan disusun menjelang akhir tahun atau awal tahun depan.

Di pihak lain, Piere Tendean termasuk salah satu jalan utama di Kota Manado, sehingga kami memilih menyiapkan fasilitas internet di area publik yang hanya dapat diakses oleh warga yang stationer atau tidak sementara menggunakan kendaraan bermotor. Ada yang di kawasan bermain anak, taman, rumah kopi, tepi pantai, tempat olahraga, dan tempat rekreasi lainnya.’ Kepala Bidang Pengembangan Sistem Informasi dan Telematika, Heintje Lombone menambahkan,’Selain menggunakan lahan 16 persen pemkot di kawasan Mega Mas, kebutuhan lain yang kami jadikan dasar penetapan lokasi adalah penyelenggaraan iven nasional, Pekan Informasi Nasional (PIN) dengan pusat kegiatan di kawasan Mega Mas. Sehingga spot accessnya memang lebih banyak adalah sarana publik di seputaran lokasi kegiatan PIN. Kalau setelah PIN minat publik positif, kami tentu akan meningkatkan kapasitas bandwith dan jaringannya.’

Daftar spot area free wifi Pemkot Manado yang diberinama wifi-manado kota akan diumumkan secara resmi pada saat peresmian uji coba yang dilaksanakan tanggal 7 Mei 2012 dan akan dilaunching secara resmi pada saat pembukaan Pekan Informasi Nasional, 23 Mei 2012. (red)Penulis: Redaksi SuaraManado.com

Dalam rang TIK , ambil kesempatan ini

FREE ONLINE PUBLISHER100% Gratis RESELLER / Distributor Online www.BeeneroNetwork.com

 “Kesempatan ini khusus berlaku untuk MAHASISWA, Ibu Rumah Tangga, Karyawan/Pegawai yang ingin segera memulai bisnis/usaha tetapi terkendala oleh MODAL awal”

 

Sudah saatnya ANDA bekerja lebih CERDAS dengan memanfaatkan internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas, tanpa batas ruang dan waktu, 24 jam online! tanpa capek keluyuran kesana-kemari, tanpa macet, tanpa stress. Work Smarter, Not Harder!! tentu saja anda tetap bisa jalankan secara OFFLINE tanpa internet, hasilnya akan lebih powerfull jika dikombinasikan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s